Dibaca 50727 kali
January 7th, 2011
By Arif Posted in Intip-Intips, Intips Blog

Traffic Melejit Bandwidth [tidak] Menjerit

semakin cantik dengan berhijabTraffic atau web traffic yang besar (baca : banyak) adalah idaman semua blogger, bahkan mungkin semua webmaster dan web marketer. Sebab dari traffic inilah semuanya berawal. Produk yang ditawarkan akan semakin laris jika web yang dibuat banyak pengunjungnya, kalau sebagai blogger semakin banyak traffic pengunjung makan blog akan semakin menarik dimata advertiser.

Traffic yang melimpah akan menjadi masalah jika ternyata bandwidth yang mampu kita sewa hanya sedikit. Alih-alih akan menarik dimata advertiser, malah blog yang kita buat tidak bisa dibuka “509 Bandwidth Limit Exceeded” kata si hosting.

Pada 25 Desember 2010, ternyata saya mengalaminya, bandwidth habis tak berbekas, akibatnya saya mendapatkan teguran dari linkworth karena link titipan advertiser gagal di deteksi oleh robotnya, padahal cuma diberi waktu 5 hari untuk menyelesaikannya … waduh …
Permasalahan menjadi runyam saat hari ini tahu bahwa blog ini sudah menghabiskan 20% bandwidth yang ada …. Gajah makan kawat (GAWAT).

Saya mencoba mencari permasalahannya .. ternyata jupe dan Dewi Perssik lah salah satu penyebabnya. Perseteruan DP vs Jupe ini ternyata mendominasi incoming traffic blog ini pada Desember 2010.

Penyebab lainnya adalah size dari blog www.in-tips.com yang terlalu besar. Saya berusaha mencari tahu kenapa size blog ini sangat besar (sekitar 88 KB).
Percobaan pertama dengan mengganti themes yang lebih sederhana dan ternyata hasilnya cukup signifikan menurunkan size, selanjutnya dengan menonaktifkan beberapa plugin pemanis blog seperti rssflikr, followme dan wibiya hasilnya pun sangat menjanjikan. Tapi dengan beberapa percobaan tersebut saya masih kurang puas dengan tampilan blog yang biasanya rame menjadi sangat sederhana.

Dari pengalaman diatas akhirnya saya bisa menarik kesimpulan supaya traffic melejit tapi bandwidth tidak ikutan menjerit.

  1. Tulis sesuatu yang sedang heboh apalagi tentang artis sexy
  2. Pakai themes sederhana dan hilangkan beberapa plugin pemanis blog, karena dengan size yang kecil akan menghemat bandwidth, ibaratnya 10000(bandwidth-MB) :100 (size-KB) < 10000(bandwidth-MB) :50 (size-KB), contoh diatas size 50KB bisa menampung 2 kali traffic yang size 100KB).
  3. Kecilkan ukuran gambar, jika Anda termasuk orang yang suka menyisipkan gambar seperti saya
  4. Yang terakhir … sewalah hosting dengan bandwidth superbesar

Dari beberapa tips diatas, ternyata tak satupun yang bisa saya laksanakan, karena saya suka dengan tampilan blog yang sedikit rame dan hanya mampu sewa hosting imut.

Bagaimana dengan Anda?

lazada

6 Comments

  1. raiderhost

    pindah gunung kidul skrang …

    kermin si dewi ma dp berapa score terakhir ??

    • Yo .. sepertinya ndak bisa lepas dari Jauhari
      dewi ma dp? bukannya dewi (dp) ma jupe? he he he
      sudah tak post sebelumnya score-nya

  2. I personally suggest Hostgator for webhosting. They are really professional, support is perfect and uptime very good. Go to hostgator_dot_com and use “onecentcoupons” coupon code. You get first month just for free which is nice.

  3. Österreich Viagra

    really nice post and i hope the disccusion to this article will also great. is it possible to add this post to facebook?

  4. Goldringe verkaufen

    i was searching on google and discovered your blog and read some of your early posts. also i additional ip your rss feed to my newsreader and hope for more new articles. keep rolling !

  5. wah mantap kali infonya, thanks


1 Trackbacks


Add Yours