Dibaca 15367 kali
June 14th, 2008
By Arif Posted in Tips Audio, You Need To Know

Tips Meningkatkan Kualitas MP3

maria miyabi osawaKualitas suara sebuah lagi yang keluar dari MP3 player sangat identik dengan file MP3 yang kita buat dan mainkan.

MP3 adalah salah satu format dari banyak file yang bisa anda dengarkan. Format terbaik untuk menampilkan kualitas suara musik menurut saya adalah AAC, WMA dan MP3.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bit rate (kualitas file). Bit Rate mengacu pada jumlah informasi (dalam kilobyte) di tiap detik data. Semakin tinggi bit rate, semakin bagus suaranya, tetapi ada yang tidak mengenakkan karena semakin tinggi bit rate semakin besar file-nya. Berapa sih idealnya bit rate? saya memilih 192 kbps keatas. Normalnya file MP3 yang didownload dari Internet adalah 144 kbps dan untuk dimainkan di Hand Phone lebih kecil lagi karena keterbatasan media penyimpanan.

Bagaimana cara meningkatkan bit rate? sebelum meningkatkan bit rate harus diketahui dulu bahwa kita tidak bisa meningkatkan bit rate secara retrospektif artinya data musikal yang tertinggal tidak bisa diambil dengan meningkatkan bit rate, jadi saat merubah CD ke MP3 perhatiakn bit rate yang akan anda buat. Untuk meningkatkan bit rate saya menggunakan iTunes caranya : masuk iTunes, lalu ke “Preference” kemudian “Advance”. Klik tab “Importing” kemudian gerakkan bit rate sesuai yang anda inginkan. Selesai.

lazada

Add Yours


6 + = 7