Dibaca 3870 kali
October 17th, 2008
By Arif Posted in Tips Bisnis, Tips Rumah Tangga

Tips Mengendalikan Investasi untuk Program Pensiun

Gantungan Kunci SapiSebagai seorang Pegawai Swasta yang tidak memiliki Program Pensiun seperti Pegawai Negri, saya perlu menyiapkan Program Pensiun yang diikuti.

Beberapa program pensiun membebaskan kita untuk memilih arahan investasi yang sesuai dengan profill resiko sang pemilik sehingga dana pensiunnya bisa memberikan hasil sesuai dengan harapan.

Peserta program pensiun bisa mengatur pola investasi pensiunnya berdasarkan siklus investasi. Secara teoritis siklus investasibisa dijelaskan sebagai berikut :

  • FASE USIA 25 – 35 TAHUN

    Pada usia ini seseorang tengah memulai karier atau dalam pertengahan perjalanan karier, seseorang akan berusaha mengakumulasi aset untuk tujuan jangka pendek, misalnya tujuan kredit rumah atau kendaraan, atau untuk biaya kelahiran dan pendidikan anak. Pada posisi ini kekayaan seseorang masih sedikit dengan porsi hutang yang lumayan tinggi. Mengingat tingkat penghasilan pada fase ini faktor usia yang relatif muda seseorang biasanya akan melakukan investasi resiko tinggi dengan harapan memperoleh imbal balik yang tinggi pula.

    Pilihan Investasi untuk Fase Usia ini adalah Pasar Modal/Saham

  • FASE USIA 35 – 55 TAHUN

    Pada usia ini seseorang berada pada pertengahan dan akhir perjalanan karier, biasanya seseorang telah melunasi hampir seluruh hutangnya dan memiliki sejumlah asset untuk membiayai pendidikan anak. Penghasilan pada fase ini seharusnya sudah melebihi pengeluaran, sehingga sisanya dapat digunakan persiapan masa pensiun. Investasi yang sesuai adalah investasi dengan resiko yang moderat, dengan penghasilan yang moderat juga.

    Pilihan Investasi untuk Fase Usia ini adalah Dana Pasar Uang dan Dana Pendapatan Tetap

  • FASE USIA 55 TAHUN KEATAS

    Pada usia ini seseorang sudah memasuki masa pensiun. Biaya hidup dapat dihasilkan dari hasil investasi pada fase usia sebelumnya. Pada usia ini jika menginginkan berinvestasi adalah investasi yang memiliki resiko lebih rendah daripada fase usia sebelumnya. Pada fase ini seseorang telah menikmati “hidup” dan cenderung mengembangkan hobby dan mengisi waktu luang

    Jika menginginkan investasi pilihannya adalah Dana Pasar Uang dan Dana Syariah

Dengan memperhatikan pola investasi diharapkan masa pensiun seseorang akan lebih terjamin.

lazada

8 Comments

  1. Ecko

    Usia saya mau masuk 26 nih, berarti investasi yg cocok adalah pasar modal. Oke, belajar yg banyak dulu deh tentang saham dan pasar modal. Cari mentor. Bisa beri rekomendasi, Mas?

  2. Arif

    Saya memilih bursa saham untuk pilihan investasi, cuma dalam beberapa hari ini keuntungan yang diperoleh selam dua tahun ludis … sekarang tinggal modal awal yang tersisa …

    Tapi memang segala pilihan ada resikonya betul nggak dek Ecko … masih tuaan saya ternyata he he

  3. Usia saya sudah masuk golongan kedua

    saya juga seorang karyawan swasta

    mungkin ada info yg lebih detail investasi yang cocok buat saya

    • Arif

      Sebagai seorang karyawan memang untuk berinvestasi secara langsung, kemungkinan besar kita tidak punya waktu luang. Untuk pilihan investasi saya menggunakan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang akan menjadi managar investasi kita, sebagai peserta kita tinggal memilih investasi apa yang akan kita pilih.

      Jika menginginkan keuntungan yang besar dan anda punya keberanian untuk menanggung rugi(seperti keadaan sekarang) maka sebaiknya memilih Pasar Modal, investasi di Pasar Modal sebaiknya punya jangka waktu yang lama. Jika jangka waktu pendek pilih profil resiko yang lebih aman moderat atau cenderung aman seperti postingan diatas.

      Jadi semua pilihan tergantung keberanian dan tujuan kita dalam berinvestasi.
      Toh semua bisa kita coba karena pilihan investasi bisa kita rubah kalau tidak salah 2 kali dalam setahun. Jadi bisa dilihat dulu mana yang sesuai dengan kita.

      Demikian mas Baka semoga membantu

  4. bayaran dari PTR aja kalo dikumpulin 20 tahun lagi mungkin lebih oke dari pensiun 😀

  5. sahrudin

    wah..perlu tuh…
    makanya kumpulin duit yg banyak…..

  6. traditional chinese acupuncture

    thanks shayne

  7. When I originally commented I appear to have clicked the -Notify
    me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I get four emails with the same comment.
    Is there an easy method you are able to remove me from
    that service? Thanks!



Add Yours