Dibaca 9708 kali
July 12th, 2008
By Arif Posted in Tips Bengkel, Tips Sepeda

Tips Mengatasi Rantai Tegang

Alat transportasi yang menggunakan rantai seperti sepeda, motor maupun becak (mana hujan nggak ada ojek, becak 😆 ) sering mengalami penyakit rantai tegang, terutama saat musim hujan atau terlalu lama disimpan.
Rantai tegang ini muncul karena adanya karat dan kotoran disela-sela mata rantai. Tanda ini untuk sepeda susah untuk memindahkan gigi, selain itu juga muncul suara gemeretak saat dijalankan. Tidak nyaman bukan, berikut ini tips untuk menyembuhkannya :

  • Membersihkan rantai dari karat dan kotoran dengan sikat kawat yang tidak terlalu kaku. Gunakan minyak tanah atau solvent (spray khusus pembersih karat). Kalau saya menggunakan minyak tanah, masih lebih murah dan bisa ngambil dari kompor 🙂
  • Kalau kotoran dan karat masih membandel, bisa juga dengan cara yang agak merepotkan, copot rantai dan rendam dalam minyak tanah. Lama waktu merendam tergantung karat dan kotoran yang sudah hilang atau tergantung kesabaran Anda 🙂 . Seteleh direndam gosok dengan sikat kawat yang lembut agar lebih bersih. Dengan cara ini karat dan kotoran akan cepat hilang
  • Setelah semua kotoran dan karat hilang, lumuri rantai dengan pelumas


Anda siap meluncur dengan nyaman tanpa diganggu dengan suara gemeretak, penumpang becak Anda-pun akan lebih nyaman dn menjadikan Anda langganan. Bagi pengguna motor, Bos Anda akan senang dan Anda akan mendapatkan tips terus (nggak makan uang pelicin 🙂 ).

lazada

9 Comments

  1. ridu

    apakah tips di atas berlaku juga untuk kawat gigi?? hehehe..

    • arif

      Kalau kawat gigi, ntar tak tanyakan sama istri temen saya yang dokter gigi, biar dibuatkan tipsnya. 🙂

  2. kalau rantai cinta juga sama yah ? 😛

    • arif

      kalau rantai cinta .. alat untuk meraih cinta jangan dicelup ke minyak tanah, celup aja ke teh … biar jadi gede … atau tanya Mak Erot
      He he 😆

  3. asal rantai makanan trus jalan ya lik hehehe

    • arif

      Yap .. kalau rantai makanan putus … bahaya tuh para predator mau makan apa?
      Sama juga kalau oom.com nggak posting lagi … bisa-bisa rantai tutorial terganggu 😆

  4. Jika rantai tegang berarti panjang rantai kurang pas butuh penyesuaian.

    Betul, sebaiknya rantai dibersihkan dengan cairan pelarut oli/grease atau degreaser gunanya untuk menghilangkan kotoran yang menempel di oli selain itu gear juga tertumpuk kotoran.

    kalau saya pada saat melumasi rantai, memakai pelumas yang encer dan bening karena kotoran sulit menempel. Saya memakai minyak obras atau mesin jahit merek S*NG*R. murah meriah hasilnya juga bagus.

    Thx

    pedalsepedaku’s last blog post..Polling: Mengapa Bersepeda?

    • Saya juga menggunakan pelumas milik istri buat mesin bordir 🙂

      Thanks sharingnya mas ….

  5. kalo rante kadang tegang kadang kendor kenapa sob, susah banget ni padahal biasa dikasih pelumas atau gemuk
    .-= irvan´s last blog ..Memasukan Source Code Dalam Postingan Dengan SyntaxHighlighter =-.



Add Yours