Dibaca 53579 kali
April 19th, 2011
By Arif Posted in Tips Sepeda

Tips Mencuci Sepeda MTB

tips mencuci sepeda gunung

mencuci sepeda mtb

Pengalaman pribadi nich .. beberapa hari gowes menuju pabrik kehujanan dan si nuke selalu melibas medan berlumpur saat xc, jadi punya banyak pengalaman saat mencuci sepeda. Sebelum saya bagikan tips mencuci sepeda mtb, sebelumnya saya sampaikan alasan mengapa sepeda mtb perlu dicuci?

  1. Kotor dan kurang enak dilihat.
  2. Sepeda mudah berkarat, terutama dibagian-bagian yang tidak terbuat dari alloy atau stainless steel. khususnya rantai yang gampang berkarat dan akan mengurangi kenyamanan dan fungsi rantai.

Nah .. berikut ini tip mencuci sepeda mtb :

  1. Semprot dulu sepeda dengan air, biarkan kotoran lepas secara alami, jika kotoran susah lepas, gosok menggunakan kain lap katun yang lembut. Ingat gosoknya pelan pelan saja.
  2. Setelah kotoran hilang gunakan sampo untuk cuci mobil/motor, jangan gunakan diterjen karena akan membuat cat sepeda kusam.
  3. Perhatikan bagian-bagian drivetrain :
    • Rantai sepeda gosok satu persatu dengan sikat gigi (baru juga boleh), saya menggunakan sabun pencuci piring istri buat cuci rantai.
    • Sprocket juga gosok dengan sikat gigi, perhatikan masing-masing gigi, jangan  sampai ada kotoran/lumpur yang tertinggal.
    • FD dan RD juga harus diperhatikan, bersihkan per-per yang ada.
  4. Rem depan belakang, perhatikan brake pad, lumpur biasanya senang bersembunyi disini. semprot dengan air dan sikat dengan sabun/sampo
  5. Semprot air dan bersihkan seluruh busa sabun/sampo yang menempel
  6. Keringkan sepeda dengan kain kering/kanebo. Pangkat ban depan sepeda supaya air yang masuk ke sela-sela lobang frame bisa keluar.
  7. Pastikan rantai benar-benar kering, kalau tidak benar-benar kering rantai pasti berkarat (kecuali pakai rantai stainless steel). oleskan oli atau semprot dengan pelumas rantai.
    Setelah selesai mencuci lapisi frame, stem, handle bar dan rims dengan silicon atau pengkilap cat.

    Beres … sepeda bersih dan esok hari nyaman buat digowes lagi.

    antri menunggu dicuci

lazada

5 Comments

  1. Lokasi foto di rumah teman yang punya usaha cuci sepeda motor, cat sepeda, cat sepeda motor, cat mobil dan tambal ban… daerah NGADUKAN KALIWUNGU KENDAL 😀

  2. Wandi Sukoharjo

    Kayaknya nggak jauh beda dengan nyuci semot ya mas? Sepeda motor 😀 Mustinya aku tahu posisine kalawo Kaliwungu, soalnya tiyap Sabtu sore dan Minggu sore aku dipastiken lewat Kaliwungu dari Weleri ke Singorojo 😀

    • Betul mas Wandi, semua bagiannya hampir sama kecuali mesin 😀

      Tapi kalau cuma lewat sih belum tentu tahu, kalau mblusuk-mblusuk kemungkinan tahu 😉 wong tempatnya harus lewati banyak kampung dan persimpangan he he he 😆

  3. nyoman

    biar punggung nggak pegel..apalagi habis gowess, sepeda dalam posisi terbalik, dan lepas ke dua rodanya…jadi roda bisa lebih bersih lagi dan kotoran di sela sela frame pun tampak jelas…Sekalian juga mempraktekan teori buka-pasang roda.
    Selamat mencuci sepeda…

  4. saya lagi senanng dan hobi bersepeda ria bareng keluarga,
    sehat dan riang gembira jika bersepeda bareng bareng, asyiiik



Add Yours