Tips Menanam Sikas

sikas alias mawar jambeTanaman sikas setidaknya orang Kendal biasa menyebutnya atau kalau orang dari daerah Malang, Blitar, Jombang, Tulungagung dan Kediri menyebutnya Mawar Jambe. Tanaman yang menjadi primadona teman-teman kos saya saat di Malang. Sampai teman saya yang baru pulang dari Jombang membelinya didaerah Pujon untuk dipamerkan kepada teman-teman satu kos.

Kebetulan saya mempunyai 2 buah Sikas yang saya bawa dari Kediri, menurut pemberi bibit sikas ini indukannya dulu diambil dari Trenggalek, berarti sikas saya ini mempunyai ibu di Kediri dan mempunyai nenek di Trenggalek :D .

Menanam sikas menurut saya gampang-gampang susah, banyak sikas milik teman saya yang mati karena kena hama penyakit. Saya berusaha mencari tips bagaimana supaya sikas ini tumbuh dan berkembang dengan baik. Ternyata tidak sulit mendapatkan tipsnya, seorang blogger cantik bernama lilik ini :) memberikan tipsnya buat saya.

Berikut ini tipsnya :tanaman sikas atau mawar jambe

  • Siapkan tempat menanam (kalau saya suka menanam bunga atau sejenisnya langsung ditanah, kebetulan untuk menambah koleksi di taman depan rumah) jika sikas yang akan ditanam kecil siapkan lubang ukuran 30x30x20 cm
  • Siapkan media tanam dengan campuran 1 bagian tanah : 1 bagian pasir : 1 bagian pupuk kandang, aduk hingga rata
  • Siapkan bibit sikas yang akan ditanam
  • Masukkan dulu media tanam kedalam lubang secukupnya, tanam bibit sikas, ingat sikas jangan ditanam terlalu dalam, kira-kira setengah centimeter dari pangkal akar

Dalam menamam sikas perlu diperhatikan posisi bonggol, letakkanlah tegak lurus karena jika miring daun yang tumbuh tidak akan terlihat proporsional … dan ingat jangan tempatkan sikas didaerah yang lembab karena akan menyebabkan sikas terserang penyakit.

Begitulah tips yang saya dapatkan semoga bermanfaat, jika terjadi kesalahan mohon dimaafkan :)

Arif

Saya seorang buruh di Pabrik Kaca Lembaran yang mencoba untuk belajar membuat dan menghasilkan duit dari Blog.

You may also like...

20 Responses

  1. jeffry says:

    Punya saya 2 pohon sikas: (mawar jambe) satu mati kena hama warna putih2, satunya lagi hampir mati. Padahal setiap hari: pagi dan sore saya sirami. Ada tips untuk hal ini?

    • arif says:

      Putih-putih terjad karena sikas ditanam didaerah yang lembab, jadi mending ditempatkan yang agak panas, kalau saya putih-putih itu saya sikat pake sikat gigi+sabun colek tapi butuh kesabaran

  2. hendro says:

    Hama putih itu disebut white spot, kalo tanaman sikasnya udah terserang parah segera gundulin daun nya, semprot pake pestisida ( contoh: curacron, ada dijual di toko tanaman) seminggu sekali, dijamin daun baru yang muncul akan bebas white spot dan tampil manissss…percaya dah, soalnya tanaman sikas saya 15 pot udah empat taun bebas white spot.

  3. afril says:

    mawar jambeku pernah ada putih2nya juga.trus sekarang batangnya menguning beberapa,tapi tambah lama kok tambah banyak…ada yg pernah nyaranin daunnya disikat pake air tembakau, bener gak sih. kasih tips ya..sayang kan klo semakin hari daunnya yg menguning semakin banyak.thanks….

  4. pipik yordan says:

    saya butuh sikas yang tinggi batang 1 m
    harga berapa mohon di jawab?

  5. pipik yordan says:

    di mana bisa beli sikas yang murah?
    yang tinggi batang 1m
    hunting di nomor 081563851072

  6. dedi batubara says:

    slam kenal.numpang ni pak.butuh sikas revoluta antik2.cabang2 kristata.zamia furfurazea.varigata.golden.bs di fb.sikasantiek.yahoo.com.dgn dedi batubara.trims

  7. dedi batubara says:

    numpang ni pak.anda butuh tanaman sikas antik2.revoluta cabang2.kristata.varaigata.zamia furfurazea.disini solusinya.fb.sikasantiek@yahoo.com/081397842116.trims

  8. lintang says:

    salam jumpa ya,, moga tambah sukses… :)

  9. maman says:

    kalo mau cari yang harganya murah dimana ya pak,, ?

    • Arif says:

      Dirumah saya GRATIS mas maman, cuma masih bersatu dengan indukannya, saya belum bisa melepas dari induknya

  10. AKHMAD NOOR JAUHARI says:

    sikas saya kena kutu putih, saya semprot dgn air sabun, mungkin kebanyakan, sekarang daun sikasnya jatuh,belah sendiri dan daun kekuning-kuningan. apa sikas saya mati ? apa tindakan saya (tingginya sdh 50 cm lebih, diameternya sdh 20 cm an) bisa bantu saya ?

    • Arif says:

      Saya melakukannya dengan sikat gigi satu-satu didaunnya pak, jadi tidak disemprot.

      Yang tercepat sih gunduli saja daun yang kena white spot

  11. marlina says:

    Sikas saya tdk tumbuh lagi daunnya krn bagian atasnya busuk dan berbau. Bgm solusinya? Apa mah bs bertumbuh? Tq

    • Arif says:

      Kalau sudah busuk sepertinya sudah tidak bisa diselamatkan, ganti baru.

      Saya punya banyak di rumah, kalau ada waktu bisa diambil :D

  12. Desi Maeka says:

    kl daunnya digunduli, berapa lama daunnya bs tumbuh lg? krn mawar jambe sy tinggi 1M daunnya sdh bny tp penuh dg bercak putih.

  13. linda says:

    Kalo di sekeliling daun atasnya seperti mengering itu kena hama bukan ya pak?

  14. yudhas darma wijaya says:

    sy tlh bc smua d atas n sy ucapin terima kasih krn tlh mnambah wwsan ttg sikas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>