Dibaca 16228 kali
April 22nd, 2011
By Arif Posted in Tips Sepeda

Tips Menaklukan Turunan Tajam Saat Bersepeda

mumpet ah biar ndak kelihatan

Beberapa kali bersepeda bersama komunitas sepeda TSBCi memang menyenangkan, selain masih sama-sama baru dalam hal bersepeda juga merupakan teman sepabrik yang membuat sepanjang perjalanan dipenuhi dengan canda tawa.

Saat melakukan cross country ini ternyata tidak semua orang anggota TSBCi beruntung selamat sampai tujuan.

Dua kali touring ada 2 teman yang terjatuh dari sepeda, yang pertama saat menuruni Ajibarang Semarang dan yang kedua tadi pagi, 22 April 2011 saat menuruni Cangkiran ke Ajibarang. Sebenarnya bagaimana sih bersepeda yang aman saat menaklukan turunan tajam?

Saya mencoba memberikan Tips aman menaklukan turunan tajam saat bersepeda supaya tidak terjadi insiden.

1. Perhatikan jarak Anda dengan teman didepan Anda, usahakan jangan terlalu dekat karena dapat memberikan banyak waktu jika terjadi masalah dengan teman didepan Anda.
  2. Perhatikan kendaraan lain dari arah yang berlawanan, jangan terlalu ke tengah.
  3. Saat sebelum memasuki tikungan perlambat laju sepeda, gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan komposisi 65% rem depan dan sisanya rem belakang. Jangan gunakan hanya rem belakang, karena sepeda akan nge-drift. (insiden ini yang terjadi beberapa minggu yang lalu).
  4. Saat melibas tikungan usahakan Anda masih tetap dijalur, jangan terlalu melebar karena akan sangat berbahaya jika ada kendaraan dari arah yang berlawanan. (insiden ini yang terjadi tadi pagi)

Kalau masih ada yang kurang, bisa ditambahkan sendiri atau ditulis di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

lazada

3 Comments

1. Spesialis tununan nich rupanya … :P

2. nyoman

Mau sharing ni..Ini contoh kalau belok ke kiri:
    - Sebelum masuki tikungan, ambil sisi jalan terluar. (paling kanan)
    - Miringkan\tidurkan sepeda anda ke sisi kiri..ingat bukan badan anda.
    - Angkat sedikit bahu kanan anda dengan menekukan siku kanan, dan tangan
    kanan dalam tetap dalam posisi lurus.
    - Pedal kiri di posisi atas dan pedal kanan di bawah
    - Tekan pedal kanan dengan berat tubuh ( pantat ke arah kanan sadel )
    - Kombinasikan hal diatas dengan tehnik pengeremam dan pemilihan jalur.
    Semoga berguna..salam gowess

• Arif

Salam Gowes,
      terima kasih bli Nyoman masukannya, semoga bermanfaat buat goweser di seluruh Indonesia