Dibaca 6154 kali
March 13th, 2009
By Arif Posted in Intip-Intips, You Need To Know

Tips Melakukan Scuba Diving yang Aman dan Menyenangkan

scuba divingSelf Contained Underwater Breathing Apparatus (Scuba) adalah alat selam yang disempurnakan oleh Yves Couteau dan Emile Gagnan pada tahun 1943.

Sebagian ahli penelaman mengatakan, scuba diving merupakan salah satu aktivitas atau olah raga yang beresiko tinggi baik bagi kesehatan maupun kesehatan pribadi pelakunya. Tentunya bila kegiatan tersebut tidak dilakukan melalui prosedur yang benar.

Seorang penyelam atau scuba diver harus melewati tahapan agar dapat menikmati keindahan alam di dasar laut. Seorang penyelam harus menjalani pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu.

Selain memebrikan kesempatan bagi Anda menikmati keindahan bawah laut, olahraga ini baik bagi kesehatan. Anda akan memperoleh manfaat water therapy, yaitu efek yang ditimbulkan jika turun ke laut pada kedalaman tertentu. Tubuh akan menciut dan memberikan tekanan untuk melepaskan nitrogen yang mengendap di tubuh. Saat keluar dari laut, tubuh terasa mengembang dan memberikan rasa segar luar biasa.

Berikut ini tips melakukan Diving yang aman dan menyenangkan :

  1. Ikuti pelatihan diving dan bila perlu dapatka sertifikat. Jangan lupa untuk memperhatikan provider pelatihan termasuk dalam agen yang terdaftar, misalnya Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), Technical Diving International-Scuba Diving International (TDI-SDI), National Association of Underwater Instructor (NAUI) dan Professional Accociation Diving Instructor (PADI).
  2. Lakukan pemeriksaan medis dan tes renang sebelum melakukan diving.
  3. Walaupun telah memenuhi kualifikasi, hindarilah menyelam ditempat yang berbahaya.
  4. Hindari menyelam seorang diri
  5. Simak dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas saat melakukan diving.
  6. Periksa peralatan dengan cermat. Pastikan fungsi kerja masing-masing peralatan, terutama bila peralatan itu Anda sewa.
  7. Lindungi kulit dengan waterproof sunscreen yang setidaknya mengandung 15 SPF (Sun Protection Factor)

Selamat menyelam …

sumber : Precious edisi 10, Januari – Februari 2009 halaman : 6-7

lazada

1 Comments

  1. GoMe Computer

    thanks tips menyelamnya
    .-= GoMe Computer´s last blog ..Cara Reset Printer Canon MP145 dan MP160 =-.



Add Yours