Dibaca 10525 kali
March 14th, 2009
By Arif Posted in Tips Entrepreneur

Tips Entrepreneur : Haruskah Jadi Follower untuk Sukses?

Seorang teman Direktur sekaligus Owner CV. Raja Laut lulusan Entrepreneur University saat berbincang dengan saya dan beberapa teman tentang pembentukan Seksi Kewirausahaan di Ta’mir Masjid akan menanyakan kepada pengurus seksinya “Berapa buah buku tentang Kesuksesan Seseorang yang telah dibaca?”

Sebuah pertanyaan BESAR kemudian muncul dibenak saya yang KECIL, “Apakah harus menjadi Follower untuk bisa sukses?”

Sebuah pengamatan saya disepanjang Jalan Raya Kaliwungu (sebelah kanan jalan dari arah Kendal) banyak berderet Kios onderdil bekas sepeda motor, setahu saya dahulu kala (nggak sampai jaman pra sejarah) hanya satu kios penjual onderdil bekas. Kios pertama ini terlihat selalu rame, mungkin inilah yang menginspirasi orang untuk mengikuti jejaknya berdagang onderdil bekas sepeda motor ditempat yang sama. Sekarang banyak banget dan semuanya rame…. malah sekarang daerah itu dikenal sebagai sentra penjualan onderdil bekas sepeda motor di Kaliwungu dan sekitarnya.

Sebuah pertanyaan BESAR kemudian muncul dibenak saya yang KECIL, “Apakah harus menjadi Follower untuk bisa sukses?”

Kemudian saya mencoba untuk memasuki mesin waktu seperti Quantum Leap lah .. ke jaman dimana saya pertama kali membuat blog sekitaran Nopember 2007, saat itupun saya menjadi follower sebuah blog, saya contoh semua widget yang ada di blog tersebut. Itulah kenapa blog terkenal seperti www.o-om.com banyak banget follower-nya (ada hubungannya nggak ya? 😀 )

Dengan menjadi follower memang cara mudah untuk memulai sebuah usaha, dengan menjadi follower nggak perlu mencari ide atau memilih sebuah tempat usaha. Tapi hanya menjadi follower bisa saja menjadi bumerang jika tanpa improvisasi atau mencari alternatif promosi atau variasi barang dagangan karena pasti lebih terkenal yang sudah ada.

Menurut saya menjadi follower harus pandai mencari celah yang tidak dimiliki pesaing, misalnya dalam kasus jualan onderdil bekas sepeda motor, jika ditempat lain tidak menjual jasa pemasangan, buatlah toko Anda membeli sekaligus gratis pasang.

Saat ini saya sedang mencari usaha atau pengusaha yang bisa saya ikuti untuk sekedar menjadi entrepreneur 😀 , Punya Saran?

lazada

12 Comments

  1. wah lumayan hari ini dapat backlink hehehe

    kalo menurut om, memang awalnya kita mau gak mau harus jadi pengikut dulu mas..bolehlah pertama kita jadi karyawan dulu, setelah sekian lama kan ilmu bertambah pengalaman pun banyak, nah ini kesempatan setelah *mencuri* ilmu untuk membuka usaha baru..mungkin awalnya sulit, tapi berkat usaha dan pengalaman terdahulu paling tidak kita sudah punya bekal ilmu..kan tinggal mengembangkannya saja lalu menutupi kelemanan tempat kita mencuri ilmu dulunya. alhasil pasti banyak kok followernya hehehe cara inipun saya terapkan di dunia maya melalui o-om.com dan insyaallah berhasil 🙂

    OOM’s last blog post..Pasang Avatar Mybloglog pada kolom komentar

  2. Buat oom memang gratis, kalo buat orang Amrik $15/m hehe. Sekarang sy sedang cari inspirasi bisnis apa yg bisa diikuti? Baru punya modal seiprit, rencananya sy memulai dari bisnis online dulu yg modalnya nggak terlalu besar. Stlh py modal baru besarin yg offline. Sdg cari ebook bisnis internet yg nggak scam ada nggak ya?

  3. RealRE

    om Arif..saya minta backlink donk kwkwkw…PR macet 🙁

    RealRE’s last blog post..Bagaimana Cara Cepat untuk Optimisasi SEO ?

    • Ok, minta backlink berapa? Anchor textnya?

  4. Pembawa Berita

    Pertikaian baru Zalukhu VS Joko Susilo semakin berkembang dan sudah ada saling serang….

    hanya kasih tahu ada juga blogger namanya Mualim yang ngebelain Joko Susilo, maaf ya cumanyepam dikit…

    Baca Disini Deh

  5. ndak papa jadi follower…jadinya bisa mempercepat proses belajar…tentunya dengan tujuan akhir untuk menyalip yang sedang diikuti…

    suamimalas’s last blog post..Salah itu manusiawi, manfaatkanlah!

    • Arif

      Belajar bisnis dengan menjadi follower dulu memang lebih aman karena ada jalan yang diikuti, kalau jaman orde baru ada GBHN-nya 🙂

  6. fashions cafe

    yah.., memank untk meraih sgala sesuatu itu ada sedkit/bnyak berkorban, aplagi baru memulai.. Poko’x keep the spirit to get richer..! welewlehh..

    fashions cafe’s last blog post..Lose Weight with Fashion

    • Arif

      Saya suka KEEP THE SPIRIT TO GET RICHER …. Semangat dan Siap-siap menjadi SUKSES

  7. pemenang

    jadi karyawan trus.. kapan jadi bosnya.. aku juga jadi follower mu mas 😀
    .-= pemenang´s last blog ..Optimasi Blog SEO untuk Kontes SEO =-.

  8. Minta backlink dong oom??

  9. What i do not realize is in reality how
    you’re not really a lot more neatly-preferred than
    you might be right now. You are so intelligent.
    You know therefore considerably on the subject
    of this topic, made me individually imagine it from so many varied angles.
    Its like women and men don’t seem to be interested except it is one
    thing to do with Woman gaga! Your individual stuffs nice.
    All the time handle it up!


2 Trackbacks


Add Yours