Dibaca 4067 kali

May 1st, 2008
By Arif Posted in Tips Ponsel, You Need To Know

SMS Panjang dan Missing Text

SMS yang panjang atau lebih dari 160 karakter, tetap bisa diterima secara utuh oleh beberapa jenis ponsel atau ponsel yang mampu menampilkan teks lebih dari 160 karakter. Sesungguhnya SMS tersebut diterima beberapa kali oleh ponsel tersebut.
Tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. SMS panjang tersebut diterima oleh SMSC (SMS Center) milik operator sebagai 2 unit SMS (jika panjang SMS hingga 168 misalnya)
  2. SMS tersebut dipecah per 160 karakter oleh SMSC dan dikirim per SMS ke ponsel penerima
  3. Ponsel penerima juga menerima SMS perunit.
  4. Pada ponsel penerima kadang-kadang muncul tulisan Missing Text pada akhir SMS atau SMS tersebut diterima tidak lengkap.
  5. Beberapa menit kemudian, ponsel akan menerima lagi potongan SMS tadi sehingga menjadi lengkap sepeti aslinya

Missing Text terjadi karena potongan SMS yang tertinggal tidak terkirim dalam waktu yang bersamaan dengan SMS lainnya, karena antrean pada SMSC. Jarak SMS pertama dengan SMS potongannya bisa mencapai 5 menit, jika antrean SMSC cukup panjang.
Jika ponsel penerima tidak mendukung teknologi SMS panjang, SMS tersebut akan diterima sebagai 2 unit SMS yang terpisah.
Ponsel sekarang mampu menampilkan layar dengan panjang text sampai 1000 karakter atau hampir 7 unit SMS. Bahkan dengan PDA, Anda bisa menulis SMS ebih panjang lagi. Yang harus diingat, kendati cuma terlihat dalam satu layar, SMS panjang akan dihitung sebagai beberapa unit SMS oleh operator dan beberapa ponsel akan menerima sebagai beberapa unit SMS pula. Secara otomatis pulsa yang dikenakan sesuai dengan banyaknya unit SMS yang terkirim.

Saran In-Tips
Jika Anda sedang PDKT dengan seseorang dan akan merayunya lewat SMS hitung secara seksama jangan sampai terjadi tragedi dengan adanya Missing Text. Contohnya begini kata terakhir dari SMS Anda adalah I hate U but I love U, I (kerakter ke-152) spasi (153) h (154) a (155) t (156) e (157) spasi (158) U (159) spasi (160) dan kata I love U dari 161 sampai 168, dan karena karena insiden panjangnya antrian di SMSC maka SMS anda hanya terkirim 160 karakter sedangkan karakter ke 161 – 168 hilang dimakan kalong. Nah lho .. Gawat kan.. ­čść

lazada

1 Comments

  1. Cheers To Life

    Asyik nich buat yang suka SMS-an ­čÖé


3 Trackbacks

  1. Tips Menulis SMS Panjang « SchneidiG’s WebBlog 16 10 08
  2. Tips Menulis SMS Panjang | www.in-tips.com | informasi dan tips 17 10 10
  3. | www.in-tips.com | informasi dan tips 30 01 11

Add Yours