Dibaca 73429 kali
February 23rd, 2010
By Arif Posted in Tips Aquascape

Setup Aquascape Super Hemat

Aquascape Aquascape kalau menurut saya sih sebuah taman kecil didalam sebuah aquarium. Sejak melihat aquascape di Toko Aquascape Glad’s Kaliwungu Kendal, saya langsung jatuh cinta … bagus banget …, tapi berhubung modal untuk membuat sebuah aquascape sangat mahal, akhirnya saya putuskan untuk Do It Yourself (DIY).


Aquarium, Kap lampu semua DIY, Inilah alat yang dibutuhkan untuk setup aquascape super hemat versi in-tips.com.

  1. Aquarium ukuran 80 x 40 x 40 cm tebal kaca 8 mm
  2. Lampu, menggunakan Kap dari Tripleks untuk reflektornya dari aluminium foil. Lampu menggunakan 2 buah lampu PL OSRAM 23w/865 (865  artinya : angka 8 menunjukkan rating CRI 80 (CRI 100 = cahaya matahari), lampu dgn rating CRI diatas 80 layak digunakan. Sedangkan 65 menunjukkan rating kelvin 6500) dengan dasar perhitungan 1 liter air membutuhkan 1/4 watt (saya menggunakan setting low light) jadi untuk aquarium 128 liter saya membutuhkan 128 x 1/4 watt = 32 watt. Kalau 46 watt anggap saja low ke medium lah. Durasi pencahayaan 10 jam sehari.
  3. Filter
    Untuk urusan ini saya menggunakan filter Hang On Jebo 503 seharga Rp. 75.000,- dan magic jet filter (submersible) Resun MAGI-380 seharga Rp. 80.000,-. Sebnarnya lebih asyik pakai filter canister yang JEBO 829 seharga Rp. 675.000,- atau EHEIM 2217 seharga Rp. 2.000.000,-, karena budget cekak ya akhirnya pakai 2 filter tsb. Hasilnya tidak mengecewakan .. bening dan kinclong.
  4. Lapisan Aquascape (Substrate)
    • Pupuk dasar
      Untuk urusan pupuk saya tidak menggunakan pupuk khusus aquascape yang mahal banget, sekitar 5,6 kg dijual dengan harga Rp. 250.000 di Kendal. Pupuk yang saya gunakan adalah NPK biasa yang cuma Rp. 2.500,-/kg, karena tanaman di darat maupun di air pasti butuh unsur NPK (ngawur aja)
    • Lapisan ke-2
      Untuk lapisan kedua ini saya menggunakan tanah merah dari Sukorejo Kendal didaerah perkebunan karet. Tanah merah saya pasang setebal 3 cm, sekalian membentuk kontur tanah yang diinginkan.
    • Lapisan ke-3
      Saya menggunakan pasir silika, untuk pasr silika ini per sak 30 kg dijual seharga Rp. 70.000,- di Semarang, perlu dicuci bersih dulu baru dimasukkan ke aquarium, tebal pasir silika ini 3 cm.
  5. Tanaman
    untuk yang satu ini saya menggunakan rumput biar terkesan ada di padang rumput. Sayang saya nggak ngerti nama latin dari rumput tersebut. Cari di tropica.com belum ketemu sangkin banyaknya tanaman.
  6. Ikan
    Sampai saat ini saya masih menggunakan guppy dan keong turbo, rencananya sih mau saya kasih discus, cuma beberapa ikan yang saya masukkan bernasib tragis. Menunggu setting tanamannya hidup semua kali ya
  7. CO2
    Sebenarnya CO2 sangat berperan besar buat setting awal aquascape, cuma saya berusaha nggak memakainya walaupun dengan DIY sekalipun. Ribet buatnya. Kalau dengan tabung CO2, tetek bengeknya sekitaran Rp. 1.500.000 – 2.000.000,- mahal amir …

Sudah 3 minggu setting aquascape super hemat berjalan. Alhamdulillah semua tanaman sudah mulai bersemi. Lumayanlah cuma keluar duit Rp. 300.000,- sudah bisa menikmati indahnya taman di aquarium. Kalau istilahnya keponakan saya sih kotanya ikan.

catatan : foto originalnya menunggu ditransfer ke PC

lazada

11 Comments

  1. aquascapenya bagus pak!! tabung harusnya ga semahal itu kok..coba cari di tempat yang jual tabung, pakai tabung bekas oksigen aja yang 4kg (di Jkt, sekitar 350-400rb), adaptor/converter (40rb-an, dibutuhkan karena main valve oksigen dan CO2 berbeda), neddle valve (bahasa kerennya simple regulator, sekitar 80-90rb)..

    Salam,
    Bryant

  2. info yang menarik pak…
    jadi pengen nyetting aquariumku nih, tp masih blank, belum tau apa² tentang aquascape…. :(
    masih nyari² referensi… :D

  3. Rickyyu

    Artikelnya menarik sekali pak, kbetulan sy jg lg belajar bikin aquascape di aquarium ukuran 60x40x40 baru 3 hari ni, tumbuhan blm keliatan perkembangannya, tp sy sdh nekat masukin ikan guppy, ikan pemakan lumut & siput turbo, keliatannya masih aman2 aja, tp air belum 100% bening.
    Kalo bole sharing minggu keberapa tanaman2 sdh mulai perkembangannya ya pak?
    Dan sy jg rencana mau masukan udang hias kyk red cherry, kpn ya bisa mulai masukan udang ke aquascape yg baru di setting? Thx b4 :)

    • Arif

      Tanaman menurut pengalaman saya 1-2 minggu sudah mulai muncul akar baru, stelah itu tmbuh daun baru.

      Saya kurang beruntung dengan udang red cerry, dari mulai satuan sampai puluhan semuanya mati, kalau keong turbo bisa berkembang biak dengan suburnya.

      • kristian

        Toko Aquascape Glad’s Kaliwungu Kendal itu alamat lengkapnya dimana pak?

  4. kristian

    Toko Aquascape Glad’s Kaliwungu Kendal itu alamat lengkapnya dimana?

    • Arif

      Sudah tutup, tadinya di depan Sentral Pasar Swalayan, sekarang jadi toko oleh-oleh :D

  5. aquascapenya keren gan..kalo ane baru mulai bikin, akuariumnya juga baru jadi kemarin.. kalo set dari lapisan paling bawah jadi 1.kaca akuarium (dasar) 2.pupuk dasar/NPK, baru pasir dulu atau pasir (kalau saya pakai pasir malang) dulu baru kemudian pupuk NPK itu? 3. Pasir silika tebal 3 cm
    Lalu untuk tanaman bisa ga tanaman darat kita taruh dalam aquascape ini?
    Mohon pencerahannya ….

    • Model begitu juga OK, yang penting NPK nggak bocor keluar sehingga ikan keracunan.

      Lebih baik sih pakai tanaman aquascape, lebih aman karena nggak ganti-ganti, kalau tanaman darat bisa jadi hidup tapi perlu adaptasi yang lama dan lebih banyak matinya.

  6. thx bro infonya.. Kunjungan balik yah.. thx ” Jual Tanaman Air AquaScapE Murah dan Berkualitas, Fauna AquaScapE, Peralatan dan Perlengkapan Pendukung AquaScapE. Eceran-Paket-Reseller” aqua5cape.blogspot.com ” Hair Grass japan Rp. 15.000,- Glossostigma Rp. 15.000,- Cuba Rp. 15,000.- Stem Plant, Moss, Anubias”. aqua5cape.blogspot.com

  7. Aria

    Untuk ukuran aquarium om.
    Pakai berapa banyak pupuk npk nya om


2 Trackbacks

  1. it's » Setup Aquascape Super Hemat 04 10 11
  2. Setup Aquascape Super Hemat | Rhana's Blog 05 10 11

Add Yours


9 + = 16