Updated : Jun 20, 2008 in Intips Kendal

Pendopo Kabupaten Kendal

A pendopo is a fundamental element of Javanese architecture; a large pavilion-like structure built on columns. Either square or rectangular in plan, it is open on all sides and provides shelter from the sun and rain, but allows breeze and indirect light. The word pendopo is a variant on the Sanskrit word mandapa (‘hall’).
….. pendopo are common ritual spaces primarily intended for ceremony, and also for a variety of purposes such as receiving guests in the compounds of wealthy Javanese, and even as cottage industry work spaces.
http://en.wikipedia.org/wiki/Pendopo

Atau

Pendopo (berasal dari kata ‘mandapa’ dari bahasa Sanskerta yang artinya bangunan tambahan) adalah bagian bangunan yang terletak di depan bangunan utama. Pada bangunan keraton biasanya terdapat pendopo berupa bangunan terletak di depan ‘dalem’ (bangunan utama). Pendopo biasanya berbentuk bangunan tanpa dinding dengan tiang/pilar yang banyak. Pendopo juga sering terdapat pada bangunan masjid.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendopo

Pendopo menurut saya adalah perwujudan dari budaya silaturahmi, musyawarah gotong royong atau apalah yang mengakar dalam budaya Jawa.
Tidak hanya kraton, kabupaten, kawedanan atau sampai kelurahan, didareah saya banyak rumah yang memiliki pendopo. Di pendopo ini biasanya sang tuan rumah menerima tamunya. Pendopo bisa menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk sekedar bersilaturahmi atau bermusyawarah untuk memecahkan suatu permasalahan. Hal yang mungkin tidak pernah terjadi sekarang ini.

Pagi ini saya membuka situs Pemerintah Kabupaten Kendal dan menemukan foto tentang pendopo Kabupaten Kendal dulu dan sekarang.

Pendopo tempat saya dulu mencari “jangkrik”, pendopo dulu tempat saya mengikuti acara-acara Hari Anak Nasional (saat SD) dan pendopo tempat dulu saya mengantar Alm. Bapak saya berangkat kerja.

Berikut ini foto-fotonya

  • foto atas adalah Pendopo Kabupaten Kendal 1812
  • foto tengah adalah Pendopo Kabupaten Kendal 1970
  • foto bawah adalah Pendopo Kabupaten Kendal sekarang

16 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *