Dibaca 26606 kali
May 7th, 2011
By Arif Posted in Kampanye

Mobil Murah Untuk Rakyat Indonesia

Mobil Murah Indonesia, Konsep dari Daihatsu

Low cost and green car (murah dan ramah lingkungan) demikian rencana pemerintah tentang mobil murah di Indonesia. Tapi sepertinya tidak seperti cita-citanya untuk membuat mobil murah yang menurut saya masih mahal. Berikut ini saya kutipkan dari kompas.com tentang mobil murah di Indonesia :

Mobil pertama dibatasi kapasitas mesinnya 1.000 cc ke bawah dengan konsumsi bahan bakar minimal 1 liter per 25 km. Kemudian, harga jualnya di bawah Rp 80 juta-Rp 90 juta per unit. Target konsumen adalah pengguna sepeda motor yang ingin beralih menggunakan mobil.

Tak cuma itu, kendaraan ini dijanjikan mendapatkan insentif fiskal berupa pemotongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi 5 persen dari sebelumnya 10 persen. Syaratnya, setiap merek harus memproduksi mobil di dalam negeri dan memenuhi minimal kandungan lokal (Indonesia) 80 persen secara bertahap dalam tiga tahun.


Harga yang masih mahal buat pemilik motor (menurut saya)

Mobil kedua dengan mesin berkapasitas maksimal 1.200 cc dan konsumsi minimal 1 liter per 21-22 km. Untuk jenis ini, pemerintah sedikit lebih longgar dan memperbolehkan setiap merek merakit mobilnya di Indonesia (completely knocked down). Kandungan lokal juga tak dibatasi, yang penting mencakup minimum 40 persen konten ASEAN.

Pemerintah juga menyiapkan insentif fiskal serupa, pemotongan PPNBM 2,5 persen menjadi 7,5 persen dari sebelumnya 10 persen. Produk ini menjadi semacam kompensasi yang dikeluarkan pemerintah karena banyak merek global yang tengah mengembangkan mesin 1.200 cc, seperti Nissan, Honda, Toyota, dan Suzuki.

Walaupun masih terbilang mahal, tapi layak ditunggu, apakah memang harga yang ditawrakan sepadan dengan kualitas yang didapat dan yang penting hemat energi.

lazada

2 Comments

  1. tetap masih mahal untuk saya pribadi pak kalau harga sekitar itu..

    • Kalau menurut saya sih juga masih terlalu mahal …
      mending beli mobil 2nd seharga itu bisa lebih nggaya ya :D



Add Yours


8 + = 12