Updated : May 17, 2011 in Info Sepeda

Kedung Pengilon : Perjalanan XC TSBCi

Sebuah awal
Kali ini perjalanan cross country TSBCi menyusuri hutan Ndarupono sebelah barat. Seperti biasa perjalanan saya masih bersama si nuke (United Nucleus) yang masih setia menemani ditengah banyak godaan frame fullsus macam united patrol 511, Adrenaline xc3, Colossus AX1 dan KHS XC 204.

Kali ini perjalanan diawali dari Ndarupono. jam 06.30 rombongan dari Kendal-Kaliwungu sudah sampai di Pos Ojek Ndarupono menunggu rombangan dari Semarang. 07.00 rombongan Semarang mulai bermunculan.
Sebelum memulai perjalanan kami sepakat untuk sarapan dulu…, mangut welut yang jadi pilihan. Nasinya separo bu …. kompak .. karena kuatir perut akan penuh dengan makanan dan akan bermasalah saat gowes.

Perjalananpun dimulai … ke Kedung Pengilon …. walaupun acara sebelumnya adalah Ndarupono-Boja-BSB …, lumayanlah karena saya dan si nuke pulang gowesnya ndak kejauhan he he he …

Medan cross country yang berbatu dan banyak tanjakan curam berbatu tajam adalah menu utama jalur ini, untungnya sudah baca tips melintasi jalan berbatu he he he. Jalur hutan yang sepi dan sesekali berpapasan dengan sepeda motor pembawa belanjaan dari pasar Magangan.

Jembatan Londo Kali Blorong

Akhir dari jalur berbatu ini adalah Pasar Magangan. Sambil beristirahat beberapa teman membeli jajanan dan tambahan minuman untuk dinikmati di Kedung Pengilon.

Sisi Lain Kedung Pengilon
Kedung Pengilon, sebuah bendungan untuk membagi irigasi dan menanggulangi banjir untuk daerah Pegandon, Dampal, Kaliwungu dan Kendal ini dibangun pada jaman Belanda. Dinamakan kedung pengilon karena kedungnya bisa untuk bercermin/pengilon (mungkin dulu saat air yang mengalir masih bening ya) Memang pada saat musim kemarau air yang mengalir di grojokan kedung pengilon terlihat bening dan bisa untuk bercermin.

Istirahat di Kedung Pengilon dulu … dari tacking endomondo teman menunjukkan rute yang telah ditempuh 18, … km, lumayan. Sambil menikmati jajanan pasar dan mengabadikan keindahan alam kedung pengilon.

Jam tangan sudah menunjukkan pukul 10.04, setelah selesai mengganti ban dalam anggota TSBCi yang bocor, perjalanan dilanjutkan menuju Kaliwingu … meninggalkan Kedung Pengilon yang tetap bergemuruh suara air yang menghantam batuan … dan akan terus begitu ….

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *