Dibaca 6688 kali
July 16th, 2010
By Arif Posted in Intips Analisa

Haruskah Menjadi Nomor 1?

Sebuah telpon dari seorang teman, menanyakan keadaan blog-nya di google. Karena order dagangannya via online sedikit menurun, dengar-dengar sang Pabrik (tempatnya mengambil barang) akhirnya membuka website dengan nama yang sama, cuma beda .com dan .net.

luna maya di tahan polisi karena beradegan bugil dengan ariel peterpan

Penasaran juga …

Pagi hari ini saya mencoba melihat kondisi yang sebenarnya di google.co.id, ternyata blognya masih nomor 1 dan 2.

Ya …… sengaja saya buatkan beberapa agar saling melakukan link, dengan komposisi seperti ini :
blog A link ke blog B, blog B link ke blog C dan blog C link ke blog A, kemudian blog A saya berikan link dari blog saya ber PR-4
Kejadiannya adalah blog Aselalu lebih baik dari blog B dengan semua kata kunci yang ditargetkan, masih 1-2 lah ….

Apakah cukup menjadi nomor 1 dan 2 kemudian dagangan kita akan laris?

Inilah yang selalu menjadi pertanyaan saya, secara statistik orang akan lebih sering melakukan klik pada web/blog dihalaman pertama dan urutan pertama, selanjutnya jika tidak ditemukan informasi yang didapatkan akan melakukan klik di urutan kedua dan seterusnya.

Sama halnya dengan website dagangan, orang tentu saja akan mencoba membeli dari web yang pertama mereka kunjungi, jika mereka adalah reseller, maka sang reseller ini akan membeli untuk kedua kalinya jika belum menemukan barang yang lebih murah harganya. Kalau menurut kebiasaan orang Indonesia, semua blog yang tampil dipencarian google akan terus ditelusuri sehingga ditemukanlah ASAL dari barang tersebut (sebut saja PABRIK pembuatnya) karena PASTI dari pabrik akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Nah disinilah kasus blog teman saya ini berada. Menduduki rangking 1 di google belum jaminan order akan terus langgeng ketempat ini, karena PABRIK pembuat yang walaupun masih di halaman ke-2 sudah mulai menggerogoti pasarnya.

Jadi .. haruskah menjadi nomor 1?

lazada

13 Comments

  1. dNoxs

    gak perlu no 1. nomer 100 pun bisa menjadi yang terbaik asalkan advert nya baik dan juga yang tidak ketinggalan adalah service yang memuaskan, dengan service yang memuaskan dijamin customer akan datang kembali ke blog kita.

    *g nyambung ya ?* :skywalker: :dance:

    • Tutorial Admob

      ditambah kalau bisa nomer 1 juga :mrgreen:

    • Nyambung koq Noxs, memang kalau jualan harus service memuaskan dan yang penting lagi, lebih murah dari yang lain dengan kualitas dan merk yang sama. lha ini cuma bisa dilakukan oleh pabriknya.

      • ranggaw0636

        biarpun situsnya peringkat 1, tapi kalau isinya tidak sesuai dengan yang diinginkan, dan tidak bisa melayani pelanggan dengan baik, tetap saja tidak akan terlalu berpengaruh

        • Kalau kasus ini murni karena pelanggan ingin mendapatkan harga yang lebih murah dari pabriknya. di Web teman saya ini sduah memberikan discount 20% untuk semua jenis dan jumlah pembelian barang.

          Mungkin masyarakat Indonesia tetep berpendapat lebih murah kalau berhubungan langsung dengan pabrik

  2. wildanr

    Kalau orang belanja online untuk pertama kalinya, biasanya dia jalan2 dulu ke beberapa situs untuk membandingkan harga. Kalau misalkan dia nemu ada satu situs yang jualannya relatif lebih murah dari yang lain, maka belanja berikutnya dia gak akan nyari lagi, langsung ja kesono meskipun mungkin ada situs lain yang lebih murah.

    Kalau menurut saya, pringkat tinggi di google akan meningkatkan peluang situs kita termasuk salah satu yang disurvei oleh calon pelanggan. Tapi apakah jadi beneran beli ke situs kita atau enggak, itu tergantung berbagai macam faktor seperti harga, metode pembayaran yand didukung, kesan profesional, dll..

    • Betul, hampir 100% 😀

      Saya pertama ingin membeli barang secara online yang saya perhatikan adalah :
      1. Harga barang harus lebih murah
      2. Original nggak barangnya?
      3. Terpercaya nggak penjualnya?, untuk situs luar negri saya lebih percaya pakai e-bay, tapi harus cari penjual yang min 99% terpercaya.
      4. Cara pembayaran? (saya lebih suka kalau biosa bayar pakai paypal atau transfer lewat bank mandiri, karena hanya 2 alat ini yang saya punya)
      5. Pengirimannya bagaimana?
      Kalau semuanya masuk diakal baru saya memutuskan untuk membelinya.

      • yulianti

        pengalaman pertama beli barang online : modal nekat 😀

        udah beberapa kali juga tetep aja pake modal nekat, dan untunglah belom pernah kena tipu dan barangnya belom pernah mengecewakan 😎

  3. nofel

    ga harus nomer 1,yang penting contentnya sangat diperlukan orang2

  4. Kojeje

    Setuju.. Saya lebih melihat aspek-aspek tertentu, seperti harga, ketersediaan, jenis barang, kualitasnya, testimoni (kalo ada), dll…

  5. Arief

    Tak perlu nomor satu kalo pelanggan udah jatuh hati ama web kita

  6. raiderhost

    betul betul betul

    100%

    saya juga lebih tertarik kalau yg mengangkat telpon saya wanita cantik

    atau pict CSnya dipasang wanita menggoda 😀

  7. tedted

    harus no 1 dunk mas.



Add Yours