Dibaca 78811 kali
August 2nd, 2010
By Arif Posted in Tips KOI

Berapakah Ukuran Ideal Kolam KOI?

kolam koi samping rumahMemelihara koi memang menyenangkan, melihat koi makan dengan lahap dan berenang dengan sehat. Tapi kita sering bingung bagaimana memelihara koi, ukuran kolam yang ideal, sistem filtrasi yang mumpuni. Padahal kolam dan filter adalah komponen utama dalam memelihara koi, kita sering bertanya-tanya apakah ukuran kolam kita sesuai dengan populasi koi yang dipelihara?, apakah filter yang kita gunakan sudah sesuai?

Dari pertanyaan diatas, sebenarnya berapakah ukuran ideal kolam koi dan filternya? dari hasil membaca tips-tips tentang kolam koi akhirnya inilah tips koi yang menurut saya bisa dijadikan acuan :

Kolam Koi
Banyak pendapat yang membahas bagaimana sebaiknya dimensi sebuah kolam. Ada yang mengatakan PxLxT: 3x2x1, ada juga yang berpendapat panjang kolam sebaiknya 7x panjang koi terbesar, lebar 3x, dan tinggi 2x. Yang manapun pendapat yang kita amini ujung – ujungnya kita akan berhadapan dengan pertanyaan “Berapa ukuran koi terbesar yang diekspektasi untuk dipelihara?” Kalau kita ekspektasi kita hingga 60 cm, maka berdasarkan pendapat tersebut dimensi minimum PxLxT 4,2mx1,8mx1,2m. Ini juga tidak berlaku mutlak karena populasi kolam kelak akan turut menentukan juga.

Jadi memang ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa yang kita inginkan. Banyak cara untuk bisa memahami keinginan kita, misal kita bisa Pond Visit terlebih dahulu ke beberapa penggemar sekota untuk melakukan benchmarking, atau kita juga bisa surfing di internet atau di forum ini. Melihat berbagai kolam yang sudah diposting. Mestinya dari sekian banyak kolam yang dibahas ada satu – dua buah kolam yang menarik perhatian kita.

Warna kolam yang paling baik adalah yang kontras dengan warna koi karena akan mengoptimalkan keindahan warna koi, tetapi pada kenyataannya kehadiran lumut bisa menutupi warna itu. Jadi sebaiknya pemilihan cat tidak semata – mata untuk keindahan tetapi fungsi lain cat itu terhadap konstruksi kolam atau kesehatan koi.

Filter Kolam Koi
Untuk menentukan sistem filtrasi selain luas lahan kita juga perlu melihat budget. Pendapat yang banyak digunakan sebaiknya luas permukaan filter 30% dari luas permukaan kolam dengan kedalaman idealnya tidak melebihi 1 m kecuali settlement chamber. Ini berdasarkan asumsi bahwa nitrobacter hanya bisa efektif hidup di kedalaman di bawah 1 m. Tetapi ini juga bukan harga mati, dengan perkembangan media filter belakangan ini memungkinkan filter optimal dengan menggunakan media yang memiliki Spesific Surfacae Area (SSA) dan rongga yang lebih besar. Filter bilogi berukuran kecil bisa juga optimal bila kita bisa mengoptimalkan fungsi filter mekanik. Di dalam filter mekanik (yang paling besar) tejadi proses sedimentasi sementara di dalam filter biologi (Yang paling besar) terjadi proses nitrifikasi.
Sistem filtrasi yang baik adalah yang mampu mengoptimalkan masing – masing proses tersebut.

Semoga bermanfaat

lazada

3 Comments

  1. Ghufron

    Kakak saya malah meliara ikan lele. katanya lebih enak karena hanya dalam beberapa minggu aja udah bisa ngasilin duit, “Lumayan, buat jajan anaknya.” katanya… :d

    Dia sekarang udah punya empat kolam lele yang terbuat dari terpal anti bocor, dan masing-masing kolam terdapat sekitar 2 ribuan lele. Setiap minggu bandar dateng dan membelinya untuk kemudian dijual kembali ke tukang pecel lele, hehehe….

    • Perlu dicontoh nich … cuma kayaknya bau airnya yang bikin tetangga pada teler :laugh:

      • Ghufron

        Kalo ngurusnya bener mah gak bau kok, buktinya kolam lele punya kakak iparku gak bau, bahkan kalo sore saya sering leyeh2 disampingnya sambil nikmatin kopi :d



Add Yours