Dibaca 6717 kali
August 10th, 2008
By Arif Posted in Tips Hemat Energi, Tips Pembangunan

Bedah Rumah dan Rumah Hemat Energi

stiker pdam kendalHari ini seluruh warga Kampung rame-rame kerja bakti untuk Bedah Rumah, sebenarnya beukan bedah rumah sih ini bongkar rumah. Rumah salah seorang warga yang sudah meninggal dibongkar karena sudah tidak ada pemiliknya dan akan dibuat sebagai lapangan Tenis Meja alias Ping-pong.
Kurang dari 2 jam rumah sudah rata dengan tanah, rayap berkepala hitam ๐Ÿ™‚ ini dengan sigap menggerogoti.

Ngomongin bedah rumah jadi ingat kalau ternyata rumah yang baru kami tempati ini hemat energi, bagaimana mungkin ternyata air PDAM yang kami gunakan sebulan cuma 8 m3 padahal sudah untuk mandi, masak, mencuci pakaian, cuci piring, menyiram bunga dihalaman 2 hari sekali. Rekening listrik-pun nggak kalah hematnya cuma 60 kWh dan 13 kVArh dan dibanding biaya beban masih banyak biaya bebannya.
Ada bebarapa keuntungan dari desain rumah sehinggga rumah kami hemat energi,

  1. Banyak jendela dirumah kami sehingga cahaya alami dari matahari masih dari pagi hingga sore, sehingga sepanjang siang dan sore tidak ada lampu yang menyala.
  2. Banyak loster atau roster diatas jendela sehingga angin masuk lebih leluasa dan sirkulasi udara lebih sehat. Dengan banyaknya roster ini kami tidak perlu memasang Kipas angin apalagi memasang AC (padahal dalam perencanaan kebutuhan listrik daya terpasang sudah saya hitung menggunakan AC, shingga sekarang biaya beban dangan biaya pemakaian lebih besar biaya beban)
  3. Tinggi bangunan 4 m (sampai ke plafon) sehingga lebih sejuk dan nyaman dan terkesan luas dan nggak perlu Kipas Angin dan AC
  4. Kamar mandi menggunakan shower sehingga mandi lebih hemat dan tanpa bak penampungan lebih anti nyamuk
  5. Kata orang benar saja hemat energi lha wong belum punya TV, Mesin Cuci dan Kulkas … ๐Ÿ™‚ ini salah satu tips dan trik hemat energi juga kan… ๐Ÿ™‚

Bagi anda yang ingin sharing mengenai rumah dan permasalahannya bisa datang ke rumah saya di Kendal … mumpung pohon mangga saya baru pertama kali berbuah dan menunggu masak.

lazada

9 Comments

  1. sluman slumun slamet

    ups… jarang mandi ya?
    ๐Ÿ˜€

    • arif

      Tau aja ๐Ÿ™‚ asal nggak mandi pake tuak kayak berita tadi pagi pedagang tuak diguyur dagangannya oleh FPI … kasihan …

  2. waduh masa konsultasi rumah sampai kendal, tapi kalo dikasih mangga boleh juga nih mas arif hehehe ๐Ÿ˜€

    • arif

      Mangga terbaik berjenis Ohyong segera bisa dinikmati oom …. ๐Ÿ˜€

  3. Waduh,, koq di baongkar rumahnya ?? saya mau lho .. hehehe…

  4. emang hidup hrs hemat

  5. salman

    supaya membangun budget membangun rumah lebih hemat dan efisien, jgn lupa harus pake jasa arsitek untuk disain yg optimal dan efisien
    trims… numpang lewatt

    http://salman-arsitek.blogspot.com/

  6. arif

    @mymoen : emang sudah nggak ada yang punya

    @silent : memang harus hemat mas .. keep silent ๐Ÿ™‚

    @salman : silahkan lewat mas ๐Ÿ˜›

  7. Cek juga yuk apakah kita sudah hemat energi atau belum.



Add Yours