Dibaca 3137 kali
August 17th, 2011
By Arif Posted in You Need To Know

Bayar Zakat atau Bayar Utang Dulu Ya?

zakat

Bayar zakat atau bayar utang dulu ya? sebuah pertanyaan yang sering kali saya dengar dari beberapa teman atau malah sering muncul dibenak saya. Sebuah jawaban dari pertanyaan diatas saya dapat dari ramadhan.kompas.com.
Berikut ini kutipan dari pertanyaan Bapak Topik di Denpasar dan jawabannya dari Rumah Zakat

Tanya: Diutamakan atau didahulukan yang mana di antara dua kepentingan, zakat atau bayar utang bila utang yang dibayarkan lebih dulu tidak akan cukup walaupun seluruh pendapatannya untuk menyicil utang sampai 5 tahun mendatang? (Topik – Denpasar)

Jawab: Assalammu’alaikum. Bapak Topik, apabila Bapak memiliki utang, utamakan dulu membayarnya.

Begitu pentingnya membayar utang sehingga dijelaskan dalam beberapa hadis. Dari ‘Abdillah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali utang.” (HR. Muslim). Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga dia melunasinya.” (HR. Tirmidzi).

Zakat sangat bergantung pada harta yang dimiliki, akan tetapi apabila dalam harta Bapak masih ada hak orang lain (utang), sebaiknya hak tersebut ditunaikan terlebih dahulu. Itu yang lebih utama. Wallahu’alam.

(Rumah Zakat)


Semoga bermanfaat

lazada

Add Yours