Dibaca 14547 kali
April 30th, 2011
By Arif Posted in Tips Sepeda

Amankah Helm Sepeda?

tetep gaya pakai helm sepeda

Melihat kontruksi helm sepeda yang saya gunakan, seorang teman bertanya tentang aman tidaknya helm sepeda digunakan oleh pengendara sepeda seperti saya. Karena tidak tahu saya jawab saja AMAN, paling tidak supaya tidak setiap saat membetulkan posisi seperti ketika kita menggunakan topi atau aman supaya tidak kepanasan, atau kadang saya jawab, buat ngamanin gaya … he he he …

Saya sempat terkejut ketika membaca www.goesbike.com bahwa studi di Institut Transportasi Norwegia, menyebutkan keraguannya manfaat helm sebagai pelindung pengendara sepeda. Peneliti Dr Elvik mengatakan, keselamatan helm hanya mengurangi cidera dibagian kepala sampai 43% saja. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan kecelakaan dibagian kepala dapat terlindung sampai 60% dengan menggunakan helm sepeda.

Menurut Dr Elvik helm sepeda tidak melindungi semua bagian yang mungkin cidera. Misalnya bagian leher, muka dan bagian kepala lainnya bisa cidera. Helm sepeda tidak mampu melindungi seluruh bagian kepala pengendara.
Professor Alistair Woodward dari universitas Auckland membenarkan bahwa penelitian Dr Elvik tidak bertentangan dengan penelitian sebelumnya atas manfaat helm untuk melindungi bagian kepala. Helm sepeda memiliki separuh perlindungan dibagian kepala dan bagian leher tetap bisa saja mengalami cidera. Tetapi kondisi leher tertekuk memiliki persentasi jauh lebih kecil.

Tapi menurut saya lebih baik pakai helm sepeda daripada tidak sama sekali, dan berdoa sebelum bersepeda supaya selamat sampai tujuan.

lazada

2 Comments

  1. wingi ketoke judule dudu iki…
    ———————-
    Ben matching, kocomotone ojo koyo kuwi tapi ganti kocomoto renang

    • Kalo pake kocomoto renang helmnya ganti hel renang pak 😀



Add Yours